RSS

Sabtu, 18 Desember 2010

PENGERTIAN MAX DRAG PADA REEL

Seiring dengan perkembangan zaman orang selalu menanyakan hal tentang max drag jadi kadang kala salah menggunakan max drag itu sendiri sehingga menjadi suatu kebingungan.


                                             Carbontex


Pengertian max drag adalah :

1. Keadaan Spool pada reel dikunci habis, kemudian talinya dipaksa keluar dan dalam berapa tarikan maksimum sehingga menyebabkan spool itu berputar.
Singkatnya adalah jika reel yang mempunyai max drag 10 kg. Berarti spool dimatikan kemudian jika talinya ditarik dengan kekuatan dibawah 10 kg maka spool tidak bergerak tetapi jika lebih dari 10 kg makanya spoolnya bergerak.

2. Max drag biasanya telah ditest di pabrik oleh mesin profesional, jadi jangan harap bisa menggunakan tangan untuk mencobanya karena kita tidak tahu kekuatan tangan kita sendiri. Dan yang perlu diluruskan adalah kekuatan tangan kita sangat berbeda dengan kekuatan tenaga ikan.

3. Max darg boleh dikatakan berfungsi dan juga boleh dikatakan tidak berfungsi tergantung pada penilaian kita masing-masing. Akan saya ulas kemudian kenapa bisa begitu.

4. Biasanya reel dibagi atas beberapa serie. Umumnya adalah :
Serie 1000 = 2,5 kg 2500 = 4 kg 5000 = 5 kg 6000 = 5 kg 8000 = 8 kg 10.000 = 8 kg
Ini adalah umum bukan merupakan patokan. Tetapi kebanyakan reel mempunyai max drag sebagai demikian kecuali reel yang di design untuk kekuatan drag yang benar benar tinggi.

5. Jangan sekali - kali anda menanyakan max drag pada kerekan yang murmer atau kerekan biasa atau bahkan kerekan yang belum mempunyai nama tertentu karena akan percuma. Jadi ditanyakan akan percuma khusunya kepada reel yang dibawah harga Rp. 150.000.

6. Orang sering bilang bahwa kerekan yang mempunyai kekuatan max drag yang tinggi lebih bagus. Kalau menurut saya bukanlah begitu. Yang perlu diingat adalah medan apa dan ikan apa yang mau kamu pancingin jadi harus berimbang.
Contohnya adalah Anda membawa reel dengan kekuatan drag 10 kg padahal hanya untuk memancing di empang atau di kolam yang mempunyai ikan rata-rata 5 kg. Jadi percuma anda membawa reel tersebut.

7. Bedakan bahwa max drag anda berfungsi dengan bagus dalam arti harus di padukan dengan senar dan joran/rod yang berfungsi dengan baik atau terpadu dengan baik.
Contoh : Anda membawa reel dengan kekuatan drag 10 kg tetapi joran anda bawa hanya 15 lb-7,5 kg. Bisa anda bayangkan bahwa jorannya patah duluan sewaktu anda mengunci habis spoolnya. Jadi sangat percuma.
Rod dan joran telah terpadu tetapi anda menggunakan senar hanya max 9 kg atau 18 lb. Jadi senar anda putus duluan. Jadi padukan dengan baik. Jangan hanya membeli reel dengan drag yang besar tetapi tidak tahu dimana menggunakannya.

8. Yang saya tulis sekarang mungkin bisa terima dan mungkin tidak bisa diterima jadi mohon pengertiannya sekali lagi.

Reel bertulisan max drag besar belum tentu berguna karena pengaruh dengan ikan yang kita tarik. Anda bisa bayangkan bahwa reel yang berkekuatan drag 10 kg tetapi ikan yang menarik cuma 5 kg jadi sama sekali tidak ada perlawanan yang seru kecuali anda mendapatkan ikan dengan berat 15 kg maka permainan akan menjadi seru dan mantap.

Kekuatan ikan rata rata adalah pada waktu pertama kali dia menggunakan tenaga maksimal kemudian kedua kalinya akan lemah dan ketiga kalinya ikan sudah berbalik dan capeh. Kecuali untuk ikan yang memang karakter khusus tetapi saya rasa itu sangat jarang. Jadi reel dengan kekuatan drag besar hanya pada permainan pertama kali tidak berguna lagi selanjutnya.

Max drag tertulis 10 kg. Yang perlu anda tahu bahwa ikan 10 kg belum tentu menghasilkan tarikan 10 kg tetapi kadang kadang menghasilkan tenaga yang sulit dipercaya. Jadi disitu dibutuhkan teori dari kita menggunakan reel dan joran dalam arti tidak terlalu dipaksakan. Jadi sangat percuma max drag tinggi tetapi anda memaksakannya berarti tidak terdapat suatu seni atau permainan yang mantap, seperti bunyi spool, kelengkungan rod, itulah semua yang berpengaruh. Dalam arti jika max drag 10 kg tetapi ikan mempunyai kekuatan yang besar maka senar akan putus jadi max drag juga tidak berfungsi.

( Catatan TPI.....lagi lagi hehehehe )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar