RSS

Jumat, 18 Februari 2011

TEORI ARUS AIR LAUT

1. ARUS KUAT. Sebenarnya di saat ini ikan pada lahap lahapnya makan. karena arus kuat membuat ikan predator lebih suka sembunyi di struktur laut daripada keluyuran menguras tenaga tanpa hasil(mangsa pun pada sembunyi). akibatnya sang Predator sangat kelaparan.begitu arus melemah (puncak pasang surut harian) maka sang Predator akan memanfaatkan kesempatan ini untuk makan sebanyak banyaknya.tetapi sulitnya untuk memancing di arus kuat, Anda harus berada di spot yg tepat dan pada waktu yg tepat pula.dan saat pesta makannya pun cuma sesaat, begitu arus kuat lagi ikan pada kembali ke posisi bertahan, dan belum lagi kesulitan menenggelamkan umpan butuh batu pemberat super jumbo.dan capek dech menggulung di arus kuat.

2. ARUS LEMAH. Ketika arus tidak ada ikan predator tidak aktif, karena buruannya bebas bergerak tanpa halangan arus, sehingga sulit untuk di kejar.biasanya sang predator mengejar buruan yg lebih kecil ke arah berlawanan dengan aliran arus.sang predator memiliki keuntungan dengan tenaga yg lebih besar dan mangsa yg lambat atau kelelahan terhadap sapuan arus akan tertangkap.sang predator yg menyadari hal ini akan kurang beraktifitas ketika tidak ada arus.sang predator hanya aktif ketika arus pasang surut harian mencapai kecepatan tertinggi.

3. ARUS SEDANG Ini saat yg paling bagus. yaitu ketika ikan predator aktif dalam jangka waktu yg lebih lama, karena panjangnya waktu arus yg mengalir serta kederasan arusnya sesuai untuk ikan berburu.walaupun tidak lahap makannya tapi inilah saat rata rata (average) untuk memancing di laut


Beberapa faktor lain yg membuat sang predator enggan makan :
- Sedang hujan (cuaca buruk) di laut
- Air dingin
- Benang pancing dan kawat leader kegemukan
- Umpan tidak Segar(mati)
- Mancing di tempat yg tdk ada ikannya

( sumber : yan damia )

2 komentar:

  1. nice info gan, ane mo tanya nih klo waktu memancing (malam or siang) ad pengaruh ga y, ma jenis perlengkapan n umpan yang di gunain ... maksih gan..

    BalasHapus
  2. Kalo kita berbicara pengaruh pastinya ada.....yang jelas perbedaan mancing siang dan malam adalah kalo mancing malam gak kepanasan....tetapi kalo kita hubungkan dengan jenis ikan dan umpan pastinya sangat berbeda,terutama kalau mancing menggunakan tehnik jigging ( kalo siang pakai yang hologram dan kalo malam pakai yang fosfor)tapi tidak berlaku kalau menggunakan tehnik dasaran....mau malam atau siang umpan tetap sama yang penting dibawahnya ada karang disitu pasti banyak ikan...

    BalasHapus